Rabu, 09 September 2020

Hari ke-7 Komunikasi Produktif: Jatuh Bangun

Sudah hari ke-7 tantangan komprod. Sudah 7 hari pula saya berjibaku dengan latihan berkomunikasi yang baik dengan Atha. Rupanya, saya justru belum mampu menaklukkan diri saya sendiri...

Sejak pagi saya sudah meniatkan untuk menerapkan komprod sepanjang hari ketika berbicara dengan Atha. Tapi sudah berapa kau saya masih tidak bisa menahan intonasi, dan emosi. Hari ini, sudah hari ke-7, tetapi emosi saya justru semakin sulit dikendalikan. Mandi, makan, tidur, pilihan baju, masihbsaja berkutat diseputaran itu. Rasanya saya sulit menerima kemanjaan Atha, nggak mau pakai baju sendiri padahal sudah bisa. Lama ketika mengeluh kebelet pipis, hingga akhirnya meminta gendong ke kamar mandi. Dan sederet permintaan ajaib lain yang membuat saya menghela napas dalam-dalam.

Jika sedang santai seperti ini, rasanyabmudah memaklumi perilakunya yang mencari perhatian tersebut. Tapi pada prakteknya, saya selalu tidak sabar jika sudah mendengar Ruby menangis sedangkan Atha tak juga beranjak ke kamar mandi. Selalunya, ketika saya sudah bersiap menidurkan Ruby, Atha baru sibuk memburu-buru pergi ke kamar mandi, mibta disuapi dan lain sebagainya. 

Bangun tidur, tak jarang Atha menangis, memukuli, tidak tahu apa maunya. Saya bingung, apakah yang saya lakukan ini benar? Ketika dia merajuk saya diamkan. Saya ingin menyampaikan pada Atha bahwa tidak semua keinginannya bisa diperoleh meskipun tampaknya tidak berperasaan. Tapi lagi-lagi, jika sudah dibenturkan dengan Ruby saya akan kembali sulit menahan emosi. Rasanya tidak sabar sekali menunggunya melepas celana dan berjalan ke kamar mandi. Selalunya saya berteriak: "cepat,cepat, cepat! Ruby udah nangis, tuh!" yang disambung membantunya dengan terburu buru bahkan kadang merenggut tangannya dengan kasar. 

Sering saya merasa bersalah, membiarkannya bermain sendirian, menomorduakan keinginannya. Bagaiman lagi, bertiga saja di rumah dengan Ruby yang masih 9 bulan tentu membuat saya tidak bisa fokus sepenuhnya pada Atha. Terlebih, saya harus membenahi manajemen emosi saya dulu. Sepertinya mulai besok saya harus mundur dulu selangkah, berbelok tujuan komprod dari Atha ke diri sendiri. Semoga besok bisa lebih baik.

Bintangku hari ini 
🌟🌟


Tidak ada komentar:

Posting Komentar