Sabtu, 27 Oktober 2012

DIY Bracelets: Chains, Charms and Suede!

Yeaa...sudah sejak lama sebenarnya memendam keinginan untuk membuat gelang-gelang sendiri. Pada dasarnya saya suka memakai gelang. Mulai dari yang cuma sehelai benang warna-warni, manik-manik kayu, kulit, sampai terakhir mencoba rantai. Acara berburu gelang sebenarnya tidak pernah ada dalam agenda, tapi kalau sedang bepergian dan berada di toko souvenir entah kenapa hasrat untuk membeli barang satu biji gelang tidak pernah bisa dihindari! Jangan salah menduga akhirnya gelang saya bertumpuk, karena saking cerobohnya saya kebanyakan hasil perburuan tersebut justru lebih sering hilang tertinggal entah dimana.

Nah, beberapa minggu lalu terbersit sebuah ide untuk membuat gelang sendiri. Saya sedang memiliki waktu luang, kenapa tidak mencoba membuat gelang sendiri? akhirnya dengan semangat '45 saya berangkat dan membeli beberapa bahan :D.

Dapat! setelah berkeliling, saya memutuskan untuk membeli beberapa jenis rantai dengan warna yang agak sulit didefinisikan, hehe. Beberapa bandul berbentuk aneh, serta tali kulit warna-warni. Setelah seharian mengutak-atik dan memadu-padankan seluruh bahan-bahan, akhirnya jadilah beberapa gelang yang cukup oke juga, lho! Berikut adalah beberapa foto Do-it-yourself bracelets yang sudah saya buat :D

Yang ini hanya bermain dengan bahan rantai dengan dua ukuran yang berbeda. Charms yang dipakai berbentuk gajah, agak narsis ya? haha..cuma lucu-lucuan kok ;p.


Charms berbentuk gajah ini saya beli satu paket dengan isi dua set. Masing-masing set terdiri dari satu buah gajah besar, satu buah gajah kecil serta satu bentuk ornamen yang entah merujuk pada apa. Alhasil pada gelang berikutnya saya masih ayik bermain dengan charms berbentuk gajah. Masih juga dengan rantai, kali ini saya mengkombinasikan bahan rantai yang berukuran besar dengan tali kulit berwarnah merah hati. Hasilnya adalah sebuah perpaduan yang sangat saya suka! Perpaduan warna rantai dan kulit merah hati menghasilkan image yang cukup elegan, hehe. Pada gelang kedua ini, yang cukup sulit adalah merapikan kepangan yang menyatukan kedua rantai. Berkali-kali saya membongkar tali kulit karena ada yang terlewat atau sekedar tidak rapi hingga akhirnya benar-benar memuaskan.



Meskipun memakan waktu yang cukup lama untuk membuat gelang sendiri, serta harus kerepotan dengan berbagai perintilannya seperti tang dan kuncian, tapi tentu saja bisa membuat gelang sendiri adalah sebuah kepuasan tersendiri. Bahan ekstra yang harus disediakan dalam ber-DIY ria adalah tentu saja stok kesabaran yang tak terbatas, hehe. Apalagi bagi saya yang selama ini ogah repot, dan super malas ribet, membuat pernak-pernik DIY seringkali hanya wacana. Tapi, nyatanya, kalau ada niat dan dimulai dengan tindakan nyata, susah berhenti karena terlanjur asyik. Jadi, tertarik untuk mencoba membuat DIY bracelets juga? Selamat mencoba! :D



10 komentar:

  1. mbak, beli charm & rantai & talinya dimana ya? tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rantai, pengunci, sama bandulnya dapat di beli di toko aksesoris petra, Jl. Asia Afrika Mbak Syawadina :D

      Hapus
  2. Lokasinya dimana mbak? Saya juga pingin nyobain buat gelang charm sendiri tapi bingung beli bahannya dimana. Lokasi saya bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada di Jl. Asia Afrika mbak Zessa, nama tokonya "Petra". Kalau dari arah pasar baru lurus aja terus sampai ada perempatan. Kalau pakai motor bisa diparkir didekat situ. trus jalan ke Asia Afrika..deket kok dari perempatan itu :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. Ada kok, ada yang warna-warna fancy gitu seperti merah, kuning, putih :)

      Hapus
  4. Sis,disana murah hrg nya atau mahal??ada pin gk? Aku minat beli aksesoris sis :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan sih mba..kalau harga sih ga murah-murah banget kata saya. Cuman ya cukup lengkap dan banyak pilihan :). Sok aja mampir ke daerah jalan Asia Afrika, banyak toko yang ngejual pernak-pernik buat aksesoris kok :D

      Hapus
  5. hai kak. ada link toko online supplier yg jual bahan2 kyk ginian gk? tolong dong infonya, soalnya aku d daerah Pontianak KalBar, nyari charm ginian gk ada. kalo toko alat jahit sih buanyak.. hehe
    makasih sebelumnya... :)

    BalasHapus
  6. kalau cari bahan gelang dan aneka charm besi import bisa ke www.pitarenda.com. buanyakkk koleksinya.
    atau aku kasih nomernya ya dengan mbak Nur 08811107963.
    Harganya bersahabat kok.

    BalasHapus