Senin, 23 Mei 2011

Because rainbow comes to make all better..

Sudah sejak lama mungkin saya tidak lagi melihat pelangi. Entah karena saya yang kurang mencermati atau karena Ia malas menampakkan diri di langit-langit kota Bandung. Terakhir kali mungkin semester lalu? atau bahkan tahun lalu? ahh..entahlah..saya benar-benar tidak bisa mengingatnya.

Berawal dari search engine yang bertuliskan "Rainbow" di sebuah jejaring sosial, saya tertarik membukanya. Puluhan warna-warni muncul, membuat saya berpikir "Kapan ya terakhir beneran melihat pelangi?".
Saya seringkali berlama-lama menatap birunya lagit di sela-sela kelas. Meskipun tanpa pelangi, hal itu membuat saya merenungkan banyak hal, dari galau tugas hingga rencana masa depan.


Melihat pelangi membuat saya berpikir banyak. Mungkinkah Allah menciptakan pelangi untuk membuat umat-Nya berpikir? Mungkinkah Allah menciptakannya untuk menghibur duka umat-Nya? 


Bagi saya, pelangi adalah simbul penghiburan. Sebuah karunia yang diturunkan Allah setelah kegelapan yang menyelimuti awan. Pertanda bahwa di setiap akhir kesulitan pasti ada kemudahan.

"Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan" 

Sebuah kalimat sakti penghapus duka lara yang Ia turunkan bagi setiap umat-Nya. Begitu juga saya mengartikan pelangi, kemunculannya mengusir awan kelabu yang pekat menyelimuti langit. Pelangi itu muncul karena ada hujan. Kebahagiaan itu muncul karena kita telah merasakan kesedihan.

Seringkali kita menyalahkan keadaan ketika ujian menghadang. Seringkali kita berpikir bahwa Allah sudah enggan bersama kita. Sungguh..Allah Maha penyayang. Dia tak pernah jemu meyakinkan kita bahwa setiap kesulitan pasti ada jalan keluar. Bahwa setelah ada badai, ada pelangi yang mengikuti. Dan sungguh, Dia tak pernah mengingkari janji kebahagiaan seindah pelangi bagi setiap umat yang setia di jalan-Nya. Bagi setiap hamba yang berjihad membela agama-Nya. Bagi setiap hamba yang terisak dalam sujud-sujud tengah malamnya. Sungguh Allah lah yang akan menampakkan pelangi bagi setiap pejuang yang tersengal di tengah perjalanannya.

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan."



2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. aku suka banget surat al insyirah itu..
    bener bener pelipur lara :)

    kalo suka ujan..
    karena hujan deras sekalipun pasti akan reda, dan pada saatnya nanti semua yang basah karena hujan akan mengering, hari yang cerah pun akan muncul, entah itu karena mentari atau bulan..

    pelangi adalah gift
    bonus yang paling indah setelah hujan deras.
    kalopun tak ada pelangi, hujan deras atau badai sekalipun pasti akan terhenti, pasti akan reda, hehehehe

    btw itu komen diatas promosinya reeek

    BalasHapus