Minggu, 06 September 2020

Hari ke-3 Komunikasi Produktif : Antisipasi

Sudah memasuki hari ke-3 tantangan komprod. Masih dengan tema mandinseperti hari ke-2, hari ini setelah bangun tidur saya menyiapkan diri untuk menyambut Atha dengan baik. Saya merasa sudut pandang saya dalam melihat permasalahan sebagai sebuah tantangan berperan penting dalam menentukan respon saya berikutnya.

Bagaimana dengan kegiatan mandi hari ini?
Hari ini bisa dibilang tidak ada tantangan yang berarti. Pagi hari kegiatan mandi lebih lambat daripada biasanya karena hari hujan dan akhir pekan. Atha puas bermain, sehingga kegiatan mandi tidak banyak drama. Meskipun begitu, tawar menawar masih tetap terjadi. Saya sudah memperkirakannya, dan mengantisipasi emosi saya. Saya mengambil napas sejenak ketika Atha merajuk, dan tetap berbicara perlahan dengan nada suara rendah. Berusaha tidak terpengaruh oleh respon Atha.

Hasilnya, saya cukup puas karena tidak tersulut emosi. Atha juga mandi tanpa banyak drama. Sempat minta gendong meskipun biasanya sudah pandai ke kamar mandi sendiri. Saya menganggap hal itu bentuk dari Atha ingin diperhatikan.
Dan saya pikir, sesekali saya 'masuk' dalam permainannya tidak menjadi masalah. Pagi ini, kegiatan mandi berjalan lancar. 

Mandi sore, apakah berjalan mulus?
Sounding mandi sore hari ini dimulai daei sebelum tidur siang. Kebetulan, hari ini Abi berencana mengajak Atha pergi ke rumah mbah. Maka sebelum tidur saya sudah berpesan bahwa bangun tidur Atha mandi, lalu pergi ke rumah mbah. 

Sore hari, Atha bangun tidur dan mandi sesuai instruksi. Pakai baju tanpa ba bi bu, lalu bergegas menuju halaman menyusul abinya yang sudah terlebih dahulu ke mobil.

Selesai sudah bab mandi Atha hari ini.
Saya memberikan 4 bintang untuk diri saya atas proses mandi yang cukup lancar.
🌟🌟🌟🌟

Esok hari saya akan mencoba menerapkan komunikasi produktif dalam kegiatan makan. Doakan saya ya!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar