Minggu, 06 September 2020

Hari ke-4 Komunikasi Produktif : Perlahan Tapi Pasti

Hari Minggu bagi kami adalah hari di mana semuanya slow down. Santai, selow..sedapatnya. Termasuk urusan mandi pagi mas Atha..

Komprod dalam Kegiatan Mandi
Perihal mandi pagi dan sore masih menjadi temuan yang akan masuk daftar praktek komprod. Sampai hari keempat ini, masih belum ada perubahan mencolok pada inisiatif pribadi Atha untuk mandi.

Tetapi ada yang sedikit berubah pada diri saya. Selama 4 hari ini saya berusaha untuk 'berperilaku secara sadar' - biasanya nggak sadar jadi, ya? 🤣- bahwa upaya saya selain bisa berhasil juga bisa gagal. Jadi saya perlahan merubah orientasi yang awalnya pada hasil, sekarang lebih mengutamakan proses dalam kegiatan mandi. 

Sebisa mungkin saya berusaha tidak memaksakan kehendak, tidak tergesa-gesa, dan menahan suara agar tetap rendah. Meskipun harus berkali kali menarik napas panjang, ingin sekali kuteriakkan "..cepaaaat..cepaaaat..cepaat..!!"
"..jangaaan.."
" ..gak usaaaah.." tapi, saya berusaha  menahannya.
Kabar baiknya hari ini cerita drama mandi kami tidak terlalu bergejolak. Pagi lancar..sore juga lancar. Meskipun msih belum bisa langsung gercep : "Oke, siap umi!!" ketika disuruh mandi. 

Komprod dalam Kegiatan Makan
Hari ini saya berniat untuk menerapkan komprod dalam rangka kegiatan makan. Biasanya selain mandi, makan menjadi salah satu aktivitas yang 'berat' untuk dimulai. Rasanya ada saja yang membuat jadwal makan tertunda. 

Selama ini makan bagi Atha bukanlah hal yang sangat menyenangkan. Saya mendapati Atha makan seringkali karena terpaksa, agar memenangkan tawaran yang saya berikan. Tawaran? Seperti apa?
Seperti..
" Makan dulu, baru boleh main"
" Habisin, kalau nggak gak dapat jatah jajan,"
Menyebalkan ya? 
Berartinada yang salah dalam cara menyampaikan ajakan makan kepada Atha. Sehingga selama ini, dia megkorelasikan aktivitas makan sebagai salah satubtiket (selain mandi dan tidur) untuk mendapatkan hal yang dia inginkan.

Hari ini saya belum cukup baik menerapkan komprod dalam aktivitas makan karena seharian Atha makan dengan abi. Sehingga hasilnya belum bisa diketahui. Harus menunggu besok lagi untuk observasi.

Bintangku Hari Ini
🌟🌟🌟🌟
4 bintang untukku!
Cukup sepadan rasanya dengan pagi dan sore yang tenang 😉. Besok harus bisa lebih bersabar, dan memberi kesempatan kepada Atha. Ingat, jangan paksa sesuai kemauan kita karena mereka adalah pribadi merdeka yang punya rasa ingin tahu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar