Selasa, 15 September 2020

Hari ke-13 : Mulai Bisa Mengendalikan Emosi Diri

Hari demi hari berganti seperti biasa. Hari ini saya berusaha bangun lebih pagi agar bisa memulai rutinitas lebih awal, tanpa gangguan.

Pagi hari berjalan seperti biasa, hanya saja hari ini saya bangun lebih awal. Belum pukul 07.00 kegiatan dapur sudah saya tuntaskan. Lumayan, pikir saya.

Ruby dan Atha bangun seperti biasa, kegiatan berjalan seperti biasa. Yang luar biasa, sudah 3 hari ini frekuensi marah-marah saya berkurang drastis. Saya berusaha menerapkan komunikasi produktif ketika berbicara dengan diri saya, memberi sugesti positif, menyusun prioritas, dan menurunkan ekspektasi terhadap apapun. Intinya, saya menyiapkan diri saya untuk segala kemungkinan terburuk. 

Dan ternyata, cukup berhasil! 
Pikiran lebuh ringan, pekerjaan lebih banyak yang terselesaikan. Frekuensi tangisan berkurang, saya mencoba tidak memaksakan semua sesuai dengan harapan saya. Saya mencoba mendengar pendapat Atha,bernegosiasi, dan mengambil jalan tengah. Bukan seperti dahulu, negosiasi terselubung untuk memenangkan keinginan saya.

Seperto hari ini, sudah hampir pukul 11.30 ketika mau mandi. Tiba-tiba Atha mengajak saya bermain layang-layang. 
Hmm..baiklah, saya berpikir sejenak.
Hari terik, angin tidak bertiup. Tetapi jika saya tolak pasti Atha akan terus merengek dan berujung menangis. Akhirnya saya tawarkan untuk bermain sebentar saja, karena umi mau mandi. Untungnya, Atha setuju.

Saya pun menyeret kayang-layang plastik ke depan rumah. Mencoba menerbangkannya, yang tentu saja..gagal! Hahahah..saya memang belum pernah berhasil menerbangkan layang-layang sendiri. Pun, siang begitu terik. Angin hanya berhembus sesekali, tak mampu mbawa lanyang-layang kami terbang tinggi. Saya kembali menawarkan,bagaimana kalau Atha bermain layang-layang bersama abi nanti sore. Atha mengangguk setuju, dan kami masuk ke dalam rumah dengan tentram. Hore!

Sebuah penyelesaian kasus yang cukup baik bagi saya. Saya tidak marah-marah, Atha juga tidak histeris. Hari ini saya memberikan 4 bintang bagi diri saya!

Bintang untukku hari ini
🌟🌟🌟🌟

Semoga besok dan seterusnya menjadi lebih baik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar