Kamis, 17 September 2020

Hari ke -14 Komunikasi Produktif

Tantangan zona pertama sudah hampir berakhir. Empat belas hari sudah trial and error mempraktekkan poin-poin komunikasi produktif. Ternyata, kuncinya ada pada kelapangan hati.. 

Hari ini saya sudah mulai terbiasa untuk berbicara kepada Atha dengan intonasi rendah, kalimat pendek dan to the point. 
Dibandingkan berkata-kata panjang lebar karena kesal melihat tumpahan air, saya memilih untuk meminta Atha mengambil lap dan membersihkannya. Meskipun sesekali, emosi saya masih sedikit 'meletup' tapi saya cukup puas dengan kemajuan yang saya dan Atha alami. Dua hari belakangan, Atha tidak terlalu sering marah-marah. Mungkin karena saya lebih tenang, membuatnya terbawa lebih tenang dan frekuensi merengeknya berkurang drastis.

Saya juga menyadari, Atha lebih mudah menyampaikan kata 'maaf' dan lebih mendengarkan apa yang saya ucapkan. Lebih mudah diajak bernegosiasi tentunya. Hal ini tentu saja sangat membantu dalam proses tawar -menawar yang hampir selalu saja terjadi ketika mau mandi, makan, juga tidur. 

Bintang Untukku Hari Ini
🌟🌟🌟🌟

Tidak ada komentar:

Posting Komentar