Jumat, 27 November 2020

Zona 4 Hari ke-2 : Mengasah Imajinasi dengan Menyusun Balok

Hari kedua ini kami bermain menyusun balok bersama. Permainan menyusun balok bukanlah permainan baru bagi Atha, namun selama ini Atha selalu membuat bentuk sesuai dengan contoh yang tertera pada buku panduan. Jadi saya ingin membuat Atha lebih free sprit, nggak melulu text book, bebas berkreasi tanpa terbatas contoh yang diberikan.

Melalui kegiatan bermain balok, ternyata terdapat berbagai hal yang dapat diamati. Terlihat Atha mampu mengklasifikasi kelompok balok dengan tema yang seragam. Memilih warna dan gambar untuk dijadikan satu tema bangunan, dan menyusunnya sendiri tanpa bantuan. Sesekali bertanya, tapi tidak selalu menolak saran untuk 'membuat sesuka hati Atha'. Sebuah kemajuan signifikan bagi kami, karena sebelumnya sulit sekali membuat Atha bermain dengan 'bebas', selalu saja takut salah, kok begini kok begitu jika ada yang tidak sesuai. 

Hampir satu jam kami bermain balok dan Atha masih enjoy dengan kegiatannya. Mulai dari satu bangunan hingga akhirnya 7 bangunan hasil karya Atha. Semua balok habis disusun, dan bahkan ada sedikit kejutan. Ketika Umi berhenti sebentar untuk menidurkan Ruby, Atha berinisiatif untuk mendokumentasikan karyanya! Terimakasih Atha, umi sangat terbantu dengan dokumentasi Atha :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar