Kamis, 12 November 2020

Zona 3 Hari ke-10: Mencuci Baju Sendiri

Kali ini masih seputar kegiatan sehari-hari, Atha meminta untuk mencuci baju sekalian ketika mandi. Mungkin dia sering melihat saya atau abinya yang ketika mandi sembari mencuci baju atau masker. Jadi dia terinspirasi untuk mengikuti.

RENCANA
Mencuci baju Atha sendiri sekalian ketika mandi. Peralatan yang diperlukan ember dan sabun cuci, untuk menuangkan sabun Atha akan dibantu oleh umi.

AKTUAL DAN KENDALA
Kegiatan cuci mencuci adalah salah satu favorit Atha, entah itu cuci piring, cuci sepeda atau cuci baju. Atha sangat bersemangat mencuci baju, menuangkan sabun bersama umi dan menginjak-injaknya. Saya mencoba 'menutup mata' dengan proses mencuci yang Atha lakukan karena menolak dibantu. Jadi dia betul-betyl mencuci dengan caranya sendiri mulai dari merendam, mengucek, menginjak-injak hingga proses membilas dan memeras. Umi terima beres, tinggal jemur. Untung saja baju yang dicuci hanya baju Atha dan Ruby yang hanya bekas keringat. Jadi ya sudahlah umi biarkan Atha mencuci dari awal hingga akhir dan berhadil menuntaskan tugas mencuci dengan baik 
REFLEKSI
Umi berusaha selalu memberi kesempatan Atha mencoba melakukan pekerjaan sehari-hari sendiri asal tidak membahayakan dirinya sendiri dan orang lain. Dengan diberi kesempatah mencoba, Atha merasa percaya diri karena merasa dirinya penting dan dibutuhka. Umi juga merasa terbantu dengan inisiatif Atga untuk mencuci baju sendiri meskipun ya tahan-tahan dengan air atau sabun yag kebanyakan juga durasi mandi yang berkali-kali lipat wkwkw.

PROSENTASE KEBERHASILAN
95%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar