Minggu, 08 November 2020

Zona 3 hari ke-7 : Reading Time!

Hari ini mendokumentasikan kegiatan bersama Mas dan Adek sebelum tidur, membaca buku. Mas Atha selalu antusias dengan membaca buku, terutama buku truk kesukaannya. Kebiasaan ini rupanya diikuti Adek Ruby, jadi yuklah kita membaca buku bersama :D

RENCANA
Membaca buku bersama sebelum tidur. Buku dipilih oleh mas Atha, buku Hiu dan lumba-lumba untuk Ruby dan buku Truk untuk Atha. 
AKTUAL DAN KENDALA
Pada prakteknya seperti biasa mas Atha sibuk berganti-ganti buku. Sebentar ambil buku Ruby, sebentar kembali ke buku pilihannya. Ruby yang terus menerus diganggu akhirnya beralih bermain Hafiz Doll. Atha juga kembali merebut Hafiz Doll yang dimainkan adek, kemampuan Atha s masish belum sepenuhnya berkembang. Umi mengajarkan Atha berbagi danntidak merebut mainan yang lebih dahulu dimainkan adek.
REFLEKSI
Di usia 4 tahun, Atha sudah mulai belajar konsep berbagi dan bergantian. Umi juga sedang terus belajar untuk melatih Atha dan Ruby konsep berbagi. Melatih untuk bersabar, tidak berebut, bergantian, dan mengalihkan pada hal lain jika salah satu merengek. Terutama bagi mas Atha, terus diberi pengertian konsep berbagi, urutan siapa yang lebih dahulu bermain, tidak berebut atau merebut. Sedangkan Ruby yang masih kecil lebih mudah dialihkan pada hal lain, jika memang Atha yang lebih dulu memainkan sebuah mainan.

Dalam kegiatan ini, yang banyak belajar bukan hanya anak-anak tetapi juga umi agar terus bersikap adil dan sesuai porsi. Tidak terus menerus meminta Atha atau Ruby mengalah.
PROSENTASE KEBERHASILAN
85%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar