Kamis, 12 November 2020

Zona 3 hari ke-8: Membantu Umi Menyetrika Baju

Di hari ke-8 ini, umi berencana melibatkan mas Atha dalam kegiatan umi salah satunya menyetrika baju. Atga selalu antusias untuk membantu kegiatan sehari-haru di rumah seperti mencuci baju, mencuci piring, juga setrika. Jadi yuk kita ajak saja!

RENCANA
Mengajak Atha melakukan kegiatan menyetrika baju bersama untuk mengajarkan kemandirian dan inisiatif saling membantu dalam keluarga. Hari ini, Atha bertugas menyemprotkan pelicin pada baju yang akan umi setrika karena belum bisa sabar membalikkan baju.

AKTUAL DAN KENDALA
Dalam kegiatan ini, atha mendapat tugas menyemprot baju yang akan disetrika dengan pelicin pakaian. Atha samgat bersemangat membantu semprot-semprot hingga basah semua ..hahha. Bahkan ketika beberapa kali kegiatan menyetrika harus berhenti karena ada 'iklan' dari adek Ruby Atha terus saja meminta umik untuk melanjutkan setrika baju 😅.

Dalam kegiatan ini tidak ada kendala berarti. Umik senang ada yang membantu dan menemani menyetrika baju, sedangkan Atha juga senang bisa bermain semprot-semprot. Semua senang, pekerjaan kelar!

REFLEKSI

Seringkali anak mempunyai inisiatif untuk membantu, tetapi orang tua merasa terganggu karrna berpikir bantuan anak justru akan memperlambat pengerjaan sebuah kegiatan. Sayapun sering berpikir begitu, tetapi perlahan saya berusaha memberi ruang pada Atha untuk ikut berpartisipasi dalam berbagai pekerjaan rumah. Selain melatih kemandirian, hal ini juga dapat memupuk rasa percaya dirinya, dan yang paling penting adalah memperkuat bonding antara saya dan Atha.
PROSENTASE KEBERHASILAN
95%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar