Jumat, 21 September 2012

Selfproject: Lima Kaktus


Sudah hampir satu minggu lima pot berukuran mini tersebut bertengger di depan pintu. Jika ingin tahu informasi detail tentang nama latin, jenis atau bahkan nama populernya, jangn harap saya dapat memberi tahu. Saya mengenalinya secara sederhana sejak dulu hingga sekarang dengan nama:kaktus.

Mengapa tiba-tiba memelihara kaktus? hmm. .tidak ada alasan khusus. Spare waktu berlebih membersitkan ide untuk jalan-jalan random ke Lembang. Meskipun Lembang sebenarnya lebih identik dengan tahu susu, tapi memiliki kaktus untuk dirawat. .terdengar seru juga! nah, jadilah. .pada hari Minggu yang cerah, sekantong kresek berisi lima jenis kaktus dengan tampilan berbeda resmi diboyong ikut ke kosan.

Memelihara kaktus biasanya dianggap lebih mudah karena pada dasarnya jenis tanaman ini tidak memerlukan banyak air. Tapi jangan salah, bukan berarti tidak perlu dirawat lho. Jangan karena kaktus kuat puasa minum, kita bisa seenak hati menyiramnya sebulan sekali, hehe. Agar tanaman kaktus dapat tumbuh dengan baik, berikut adalah tips untuk merawat kaktus :

1. Simpan di tempat yang terang, minimal 5 jam sehari.
2. Jika media tanam sudah kering, siram hingga basah yang ditandai dengan keluarnya air siraman dari pot. Frekuensi menyiram kaktus biasanya 2-3x seminggu, tergantung cuaca.
3. Untuk perawatan dengan menggunakan pupuk dapat dilakukan dengan interval 2 minggu sekali, dengan menyiramkan larutan yg terdiri dari 1/4 sendok teh pupuk pertumbuhan yang dilarutkan dalam 4liter air.
4. Pengendalian/pencegahan hama penyakit dapat dilakukan dengan menggunakan fungisida dan supracide yang dilarutkan dalam air. Semprotkan pada kaktus dengan interval 2 minggu sekali.
5. Tanaman kaktus dapat pula diperbanyak dengan stek dan biji.


Tidak sulit bukan memelihara kaktus? hmm. .sebenarnya sayapun juga harap-harap cemas mengingat ada satu jenis yang masih kecil sekali. Tapi karena memang sengaja ingin merawat dan menumbuhkan, jadi ya Bismillah saja lah, hehe. Semoga mereka bertahan diabawah asuhan majikan slebor seperti saya. Sampai jumpa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar