Rabu, 09 Mei 2018

Milestone: Kemampuan Bicara

Masih di usia 20 bulan ini, Atha pelan-pelan menunjukkan perkembangan dalam bicara. Meskipun belum jelas, tapi beberapa kali terlihat menirukan beberapa kata: Aphungb : capung, Bah : Lebah, Phah : Sampah, Abh : abi, disertai beberapa tiruan suara alat transportasi kesukaannya. Meskipun lebih mirip Bubbling, tapi ini adalah kemajuan. Saya harus jeli mengamati setiap penambahan karen hal ini penting untuk mengambil keputusan selanjutnya, apakah harus terapi wicara atau konsultasi kepada tenaga ahli. 

Menurut orang-orang di sekitar, pada saatnya nanti anak akan bisa berbicara sendiri. Seorang teman juga pernah comforting saya dengan mengatakan kakak laki-lakinya baru bisa bicara ketika berusia 3 tahun. Menghibur sih, tapi saya tidak ingin terlena dan abai. Karena jika bisa diperbaiki sejak awal kenapa harus menunggu hingga nanti? saya masih terus berusaha menstimulasi dengan banyak mengajaknya bicara, melafalkan dengan jelas nama benda, tidak menggunakan bahasa bayi, serta menatap matanya ketika bicara (I love this part :D).

Saya yakin Atha mengerti, dan saya juga yakin Atha sedang belajar. Hanya saja Allah meminta saya untuk lebih banyak belajar dan bersabar. Semoga Atha dan Ummi berprogress bersama ya nak :)).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar