Sabtu, 19 Mei 2018

Milestone: Kemampuan Bicara (2)

Masih di bulan yang ke-20, mamak akan kembali mereview perkembangan bicara Atha. Beberapa hari terakhir Atha semakin menujukkan perkembangan yang baik dalam menirukan ucapan. Beberapa kali bahkan Atha berinisiatif menyebutkan nama-nama benda yang dikenalnya meskipun belum jelas dan sempurna pelafalannya. Dalam meniru, Atha sudah pandai menirukan sepatah patah kata yang saya atau abinya ucapkan. Namun, tetap saja ceplas ceplos, seringkali kalau diminta menirukan ucapan malah diam saja sambil senyam senyum.

Mamak ingin merangkum kata atau suara apa saja yang sudah bisa ditirukan dan diucapkan Atha. Beberapa mungkin sudah pernah disebutkan dalam tulisan sebelumnya, seperti mwheeek-mbek, phahh-lebah, dah-sudah. Lalu sekarang ditambah dengan beberapa potongan kata atau bunyi lagi seperti wiuwiuw-suara mobil patroli, ek-eek, pihh-pipis, bihh-bis, maa-kurma, hii-ekspresi jijik, ci-kelinci, dan sudah lebih resposif jika diminta untuk menirukan suara-suara.

Sampai sekarang mamak masih terus berusaha menstimulasi dengan sering mengajak Atha berbicara dengan kata-kata yang jelas, menatap mata Atha ketika sedang bercerita, dan menceritakan kembali kejadian semalam setelah Atha bangun tidur. Semoga Atha terus menunjukkan perkembangan yang baik dalam hal bicara ini.

Sejak awal mamak sudah bertekad untuk mempercayai timing Atha, dengan berusaha untuk tidak membandingkan atau melabeli Atha terlambat bicara. Memang tidak mudah untuk bisa stay strong ketika sekitar mulai membandingkan perkembangan Atha dengan anak sebayanya. Di sini kadang mamak merasa galau..wkwk. Tapi setiap kali mamak melihat Atha pada Akhirnya mamak yakin kalau Atha normal, dan memang belum waktunya saja. Namun, mamak juga harus ikhtiar menstimulasi dan terus berdoa agar Atha berkembang sesuai dengan usianya. Semoga ini pertanda Atha akan segera mulai bicara ya nak, agar nanti kita bisa cerita-cerita bersama :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar