Sabtu, 14 Januari 2012

Eropa, Suatu Hari Nanti


Buku ini sukses membuat saya iri berat dengan penulis. Ya Allah..izinkan saya suatu hari nanti menginjakkan kaki hamba di bumi Eropa. Menapaki tanah Andalusia yang pernah menjadi saksi kebesaran-Mu di sana...

Kalau dikategorikan sebagai novel, saya tidak terlalu suka penyampaiannya. Tapi sebagai buku nonfiksi, buku ini sangat bisa dinikmati. Bagi saya ini adalah buku sejarah paling mengasyikkan yang pernah saya baca. Hanum menyampaikan sejarah Islam di bumi Eropa dengan menarik, ditambah dengan fakta-fakta yang juga sangat menarik.

Lukisan bunda maria yang bersulamkan tulisan takbir, Museum Louvre dengan segala artefaknya yang mencengangkan, Hanum membuat saya jatuh cinta pada paris seperti perspektifnya. Perspektif yang tumbuh dari harapan jikalau Napoleon Bonaparte adalah seorang muslim. Meskipun keinginan saya menjumpai Eiffel belum luntur, tapi cerita-cerita tentang kebesaran Islam di sana yang membuat saya semakin ingin ke Paris! Cordoba, Austria, Turki..masih banyakkah peti rahasia sejarah keemasan Islam lainnya?

Seperti kata Hanum bahwa matahari yang dilihatnya di sana masih sama dengan matahari yang menyaksikan kejayaan panji-panji Islam bahkan setelah Rasulullah wafat. Mudahkan Ya Allah, Englau Maha Kuasa atas segala sesuatu, kutitipkan doa ini padamu. Eropa, suatu hari nanti.......

2 komentar: