Minggu, 21 Juni 2015

Weekend Trip: Rafting di Akhir Pekan (1)

Tanggal merah berderet di bulan Mei sudah menjadi incaran dan topik bahasan sejak lama. Tapi manusia hanya bisa berencana. Dari 4 hari total hari libur (plus hari kejepit), akhirnya tetap saja perginya pas weekend. Lagipula, anggaran jalan-jalan sudah terkikis oleh beberapa liburan mendadak di bulan-bulan sebelumnya. Liburan jarak pendek, ke Malang menjadi pilihan yang tidak kalah menyenangkan!

Setelah beberapa  kali galau menentukan itinerary, akhirnya liburan kali ini Malang menjadi tujuan liburan. Ada apa di Malang? sebelum-sebelumnya saya tidak terlalu tertarik sebenarnya dengan Malang, tapi beberapa waktu yang lalu saya sempat mendapatkan info dari seorang teman kalau ada spot rafting yang sedang naik daun. 

Yak Rafting! sudah sejak tingkat 3 saya ingin sekali menjajal rafting, sampai ditempel pakai sticky notes di cermin. Tahunya baru terwujud sekarang, yang notabene 4 tahun kemudian. Sempat mencari-cari info rafting di Mojokerto (Obech rafting), di Magelang (Ello Rafting) juga, tapi setelah ditimbang-timbang yang paling memungkinkan dituju adalah yang di Malang (Kasembon Rafting). Selain jaraknya tidak terlalu jauh, di Kasembon, Kabupaten Malang yang paling barat, mepet banget dengan Kediri, Malang juga menawarkan penginapan gratis a.k.a rumah Niken kalau kepepet malas pulang. Tapi sebenarnya, kami berencana untuk camping di Coban Rondo untuk melewatkan Sabtu malam, anak hits banget nggak sih, haha.

Sekitar satu minggu sebelumnya saya sudah memesan dan membayar uang muka untuk jaga-jaga karena kebetulan bertepatan dengan long weekend. Biaya untuk rafting per orangnya 175.000, dengan fasilitas peralatan rafting, asuransi dan makan siang. Asiknya Kasembon Rafting ini adalah sistemnya cukup fleksibel, booking via CP, dan di hari -H tinggal tunjukkan bukti transfer. Tidak ada minimal orang pula, pengurangan jumlah peserta juga tidak masalah. Hal ini sangat melegakan karena awalnya saya booking untuk 6 tapi ternyata yang bisa berangkat hanya 4 orang. Saya kira pelunasan harus dilakukan untuk 6 orang eh ternyata tidak, kami hanya perlu membayar sejumlah yang bisa datang. 

Jarak tempuh Madiun-Kasembon sekitar 3 jam dengan mobil pri badi, nyetir santai tentunya. Sekitar jam 06.30 kami sudah masuk Kasembon dengan perut keroncongan. Karena jadwal rafting masih pukul 08.30, maka kami menyempatkan diri untuk sarapan terlebih dahulu. Selesai mengisi perut, kami meluncur ke basecamp Kasembon Rafting. Jangan bingung mencari basecamp ini ya, sesuai banget kok sama peta yang dicantumkan di Website, ada Indomaret di kanan jalan (dari arah Kediri), belok kanan dan ikuti jalan. Nantinya di setiap belokan akan ada penunjuk jalan lagi. Jalannya memang masuk ke areal persawahan, dan akhirnya kami di sambut oleh gapura Selamat Datang di Kasembon Rafting setelah menyusuri jalanan selama sekitar 10 menit. (Bersambung)

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar